Selasa, 23 Februari 2016

Susahnya Merawat Arwana Super Red

Kenapa di bilang susah, bayangkan saja, anda punya ikan mahal, berjuta-juta harganya bahwa sampai berpuluh-puluh juta, kalau merawatnya ngga susah, ya pasti anda deg-degan setiap bangun pagi karena takut ikan anda mati.

Ini salah satu penuturan pemilik ikan arwana super red.


Jenis super red memang membutuhkan perawatan yang agak lebih sulit dibandingkan jenis arwana lain. Jenis super red ini bisa dibilang cukup rewel dan sangat riskan sakit jika tak dirawat dengan baik. "Ikan ini istilahnya orang gedongan. Enggak biasa kalau enggak dapat perawatan ekstra," katanya.

Untuk air saja, misalnya, harus dilakukan penggantian air dua kali sepekan. Airnya pun, paparnya, harus air tawar yang sudah diendapkan sehari semalam. "Kalau tidak begitu malah bisa mabuk ikannya," tambahnya. Belum lagi dengan makanannya yang harus mendukung kualitas warnanya.

Steven mengatakan, super red harus diberikan jenis pakan yang mengandung beta karoten agar bisa menambah kilau warna. "Bisa diberikan udang atau kelabang," terangnya.


Karena itu, lanjut dia, peminat arwana super red kebanyakan dari kalangan yang sudah terjun lama di dunia ikan hias dan sudah paham seluk beluk arwana. "Untuk kalangan pemula sebaiknya bertahap dengan memelihara arwana silver dulu. Kalau sudah biasa, baru nanti beranjak ke super red," ungkapnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar