Selasa, 23 Februari 2016

Pemijahan Ikan Arwana

Ikan arwana memijah pada awal musim penghujan, bersamaan dengan naiknya volume perairan. Pemijahan dipengaruhi faktor internal (seks dan umur) dan faktor eksternal (lingkungan perairan).



Tingkah laku arwana sangat unik selama masa pengenalan lawan jenis. Masa ini berlangsung selama beberapa minggu atau bulan sebelum mereka mulai menjadi pasangan. Hal ini dapat diamati pada waktu malam, ketika ikan berenang mendekati permukaan air. Arwana jantan mengejar betina sekeliling kolam, terkadang pasangan membentuk lingkaran (hidung menghadap ke ekor pasangan). 

Sekitar 1 – 2 minggu sebelum pemijahan, ikan berenang bersisian dengan tubuh saling menempel. Kemudian terjadilah pelepasan telur berwarna jingga kemerahan, jantan membuahi telur dan kemudian mengumpulkan telur dimulutnya untuk di inkubasi sampai larva dapat berenang dan bertahan sendiri.  Diameter telur 8 – 10 mm dan kaya akan kuning telur serta menetas sekitar seminggu setelah pembuahan. Setelah penetasan, larva muda hidup dalam mulut jantan hingga 7 – 8 minggu sampai kuning telur diserap total. Larva lepas dari mulut dan menjadi mandiri setelah ukuran tubuh 45 – 50 mm.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar