Selasa, 23 Februari 2016

Morfologi Ikan Arwana

Beberapa jenis Arwana yang dikenal adalah Scleropages formosus, Scleropages aureus, Scleropages macrocephalus, dan Scleropages jardinii. Arwana Irian (Scleropages jardinii) lebih dikenal masyarakat di Kabupaten Merauke dan sekitarnya dengan nama Kaloso. 

Arwana Papua memiliki 2 varian yaitu: Red Pearl (mutiara merah) dan Green Pearl (mutiara hijau). Arwana Red Pearl mudah dikenali dari adanya beberapa corak seperti garis bercoret berwarna merah muda di sekitar mata dan penutup insangnya. 


Tepi sisiknya yang berbentuk seperti bulan sabit pun berwarna merah muda sedangkan Green Pearl berwarna lebih polos, sisik berbintik kehijauan dengan sirip berwarna abu-abu dan hitam. Beberapa spot putih dapat ditemukan di sirip punggung dan sirip anal.  

Arwana Papua dapat  mencapai ukuran panjang 90 cm dengan berat sekitar 20 kg. Ciri utama jenis ikan arwana adalah badan memanjang dengan punggung yang datar, bersisik besar, letak mulut mengarah ke atas dengan sudut kemiringan yang berbeda untuk kedua jenis, bentuk dahi melengkung keluar, memiliki sepasang sungut tebal di ujung rahang bawah, bergigi, dan khusus super red berpola warna merah pada sirip, sisik, dan tutup insang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar