Selasa, 23 Februari 2016

Latih Arwanamu agar Jadi Juara

Tidak afdol rasanya jika arwana anda hanya dipajang di rumah saja, anda ingin ikan anda jadi terkenal layaknya artis? Berarti ikan anda sudah siap ikut kontes, eitss belum tentu loh.. anda harus tahu juga kriteria kontes agar ikan anda menang.


Setidaknya terdapat tiga kriteria penilaian yang akan menjadi fokus, yaitu penampilan umum (general appearance), warna dan performa tubuh (color and overall performance), serta kesehatan (health and activity). Tapi ada yang lain loh, yaitu:


Gaya berenang

Gaya berenang arwana hendaknya tenang dan cenderung selalu berada di tengah akuarium. Posisi tubuh saat berenang lurus dan tidak miring (doyong) ke kanan atau ke kiri. Begitu pula saat arwana berbelok, harus tetap terlihat tenang.


Proporsi tubuh

Bentuk tubuh arwana secara umum hendaknya terlihat proporsional, mulai dari kepala hingga ekor. Mulut dan bibir tidak terlalu memble. Sementara tubuhnya tidak terlalu gemuk atau kurus.


Warna tubuh

Semakin jelas dan berkilau warna tubuh arwana, akan semakin besar pula point nilai yang diperoleh. Oleh sebab itu, hindari kondisi yang menyebabkan arwana stres sehingga warna tubuhnya cenderung memucat.


Sirip, sisik, dan sungut

Sirip hendaknya rapi, utuh, dan tidak sobek. Selain itu, sirip punggung dan sirip analnya terlihat seimbang. Sisik lengkap, tidak ada yang copot, dan merapat ke tubuh. Sementara sungut terlihat utuh, seimbang, dan menghadap ke atas.


Kesehatan

Arwana peserta kontes adalah arwana sehat. Oleh sebab itu, jangan mengikutsertakan arwana sakit. Arwana yang terkena penyakit biasanya terlihat dari gerakannya yang malas, tidak seimbang, dan terlihat sering menabrakkan badannya ke dinding akuarium.

Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar