Selasa, 23 Februari 2016

Hati-hati Ikan Arwana Bisa Shock

Anda kira, yang bisa shock cuma Anda, saya juga, ikan arwana pun juga, bagaimana bisa seekor ikan bisa shock? Apa penyebabnya?


Salah satu yang membuat ikan ini shock adalah pada saat dilakukannya proses budidaya, pada saat perubahan suhu yang mendadak pada kolam tempat barunya untuk budidaya. Jadi anda harus berhati-hati.

Lalu lokasi bagaimana yang baik untuk penangkarannya?

Jenis tanah yang baik adalah tanah liat berlempung yang dapat menahan air dan mendukung pertumbuhan pakan alami. Perbedaan derajat kemiringan antara saluran pemasukan dan pengeluaran maksimal 1 %. Suplai air yang memenuhi kualitas, kuantitas dan kontinuitas yang dibutuhkan. 

Ukuran kolam yang ideal berbentuk persegi panjang dengan ukuran minimal 10 x 10 m².

Kondisi lingkungan yang perlu diperhatikan dalam kolam penangkaran adalah hindari terjadinya perubahan suhu  mendadak  karena dapat menyebabkan  shock pada ikan dan dapat memicu berbagai masalah . Suhu terlalu tinggi untuk jangka waktu yang lama menyebabkan  tutup insang menggulung, hal ini tentu akan sangat mengganggu keindahan ikan  tersebut. Sebaiknya arwana dipelihara pada area tanpa sinar matahari secara langsung dengan  pH 6 – 7 dan suhu 26 – 30 C.


Lalu persiapan kolam tanah terdiri dari pengeringan kolam  hingga dasarnya retak –retak, pencangkulan atau  pembalikan  tanah dasar kolam, perbaikan pematang serta dinding kolam diperkeras dengan memukul – mukulnya dengan menggunakan balok kayu agar keras dan padat supaya tidak terjadi kebocoran, pengapuran dengan dosis 50 – 100 gram / m² dan pengisian air setinggi 100 cm.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar