Selasa, 23 Februari 2016

Kapan Ikan Arwana Berubah Tua?


Seekor Arwana, rata-rata bertahan hidup hingga 10 tahun. Berarti tuanya ikan ini beranjak dari 8 tahun umurnya.. hahaha. Tapi kenapa hanya sampai 10 tahun? Ahhh berarti anda belum tahu rahasianya ya…

Padahal, ikan cantik ini btsa diperpanjang usianya mencapai 30 hingga 40 tahun asalkan tahu rahasianya. Rahasia memperpanjang salah satu1 jenis ikan berharga mahal ini adalah se-ring-seringlah mengajak ikan Arwana berpuasa. Sebuah penelitian mengatakan, ikan Arwana bisa berumur panjang namun sayaratnya ikan tersebut harus senng-sehng berpuasa seperti halnya manusia.

Dengan berpuasa, ikan tersebut akan tampil lebih sehat yang sudah tentu pula akan memperpanjang usianya. Hasil penelitian tersebut disampaikan Agus H Tjakrawidjaja, peneliti dan pelaksana budi daya ikan Arwana Program Ilmu Pengetahuan dan Teknologi di Daerah (Iptekda). Ikan Arwana juga harus diajak berpuasa untuk menjaga stabiWas berat badan sehingga bisa lebih lama hidup," ujarnya, usai panen raya Arwana di kawasan Cibinong Science Center (CSC), Bogor, Sabtu (20/2). Agus menjelaskan, pakan ikan Arwana yang paling baik dan sehat adalah katak seukuran ke-lingking orang dewasa.




Satu induk ikan Arwana, cukup dikasi makan dua ekor katak, sehari dua kali. Selain katak, bisa juga anak ikan emas atau usus ayam. Hanya saja, keesokan harinya, ikan tersebut langsung diajak berpuasa alias tidak diberi makan. Jadi, kata peneliti ini, puasanya adalah selang-seling sehari. "Sehari makan, sehari puasa. Jika terus menerus diberi makan ikan akan cepat gemuk dan itu tidak baik jika tubuh kegemukan" katanya.

Menurut Agus, jika ikan hias itu kegemuk-an, selain mempengaruhi nilai jualnya, juga menghambat metabolisme atau pergerakan ikan tersebut. Ikan Arwana kalau terlalu gemuk tidak laku dijual. Harganya jatuh karena bentuk tubuhnya tidak langsing. Selain itu, tubuh yang terlalu gemuk tidak baik untuk ketahanan fisiknya," kata Agus Lebih jauh peneliti mi menjelaskan, selain kesulitan bergerak karena kegemukan, juga akan mempengaruhi kantong pernafasan ikan itu karena dijepit oleh lemak.

Sebenarnya, kata dia, pemeliharaan ikan Arwana tidak telalu sulit. Selain harus memperhatikan pola makan, kolam atau aquarium tempat melihara harus diperhatikan kebersihannya. Jika kolam maupun aquarium kotor, akan tidak baik untuk ikan Arwana lantaran unsur hara yang ada dalam kotoran akan mempengaruhi oksigen dalam air.


Oleh karena itu, ungkapnya, bagi pencinta ikan Arwana, mungkin ada baiknya memperhatikan hal tersebut jika ingin ikan kesayangannya itu berumur panjang. Sebab, Arwana memiliki banyak keistimewaan ini dari berbagai sumber.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar